Friday, June 5, 2009

Pengaruh Angiotension terhadap tekanan darah

RAAS (renin-angiotensin-aldosterone system) memainkan peran penting dalam pengaturan volume darah dan tahanan system vaskuler, dimana keduanya bersama mempengaruhi cardiac output dan tekanan arterial.

Sebagaimana disebutkan dalam namanya, ada 3 komponen penting dalam system ini yaitu :

1) Renin

2) Angiotensin

3) Aldosterone.

Renin, yang secara utama dilepaskan oleh ginjal, menstimulasi bentuk dari angiotensin dalam darah dan jaringan, yang merubah stimulasi pelepasan aldosterone dari corteks adrenal

Renin adalah enzyme proteolytic yang dilepaskan ke dalam sirkulasi utamanya oleh ginjal. Pelepasannya distimulasi oleh :

1) Aktivasi saraf sympathetic (diaktifkan melalui b1-adrenoceptors)

2) Hypotensi arteri renalis (disebabkan hipotensi sistemik atau stenosis arteri renalis)

3) Penurunan pengiriman sodium ke tubulus distal dari ginjal.

Ketika renin dilepaskan ke dalam darah, beraksi atas substrat sirkulasi yaitu angiotensinogen yang diubah menjadi angiotensin I. Endotel Vaskuler, khususnya dalam paru, memiliki enzym yaitu angiotensin converting enzyme (ACE) yang mengubah angiotension I menjadi angiotensin II.

Ketika tekanan darah rendah, ginjal mengeluarkan renin. Rennin merangsang aktivasi RAAS seperti yang telah disebutkan diatas. Angiotensin II menyebabkan konstriksi dari pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan darah. Angiotensin II juga merangsang sekresi hormon aldosterone dari korteks adrenal. Aldosterone menyebabkan tubulus ginjal menahan sodium air. Peningkatan volume cairan dalam tubuh ini, juga menaikkan tekanan darah.

Jika sistem renin-angiotensin-aldosterone terlalu aktif, tekanan darah akan terlalu tinggi. Ada banyak obat yang menghambat langkah – langkah dari sistem ini untuk menurunkan tekanan darah. Obat – obat ini merupakan satu dari beberapa langkah penting dalam upaya mengontrol tekanan darah tinggi (hipertensi), gagal jantung, gagal ginjal dan efek berbahaya dari diabetes melitus.

No comments:

Post a Comment